Rapat Koordinasi Persiapan 11th BIMP-EAGA Strategic Planning Meeting (SPM) & Related Meetings

Jakarta – Pada hari Jum’at tanggal 1 Februari 2019 bertempat di ruang Graha Sawala Gedung Ali Wardhana lantai 1 Kemenko Perekonomian, Deputi Bidang Kerjasama Ekonomi Internasional, Rizal Affandi Lukman memimpin Rapat Koordinasi Persiapan 11th BIMP-EAGA Strategic Planning Meeting (SPM) & Related Meetings. Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian/Lembaga terkait serta instansi penjuru yang menjadi focal poin kerjasama BIMP-EAGA, termasuk perwakilan Pemerintah Daerah dan Kadin sebagai perwakilan dari dunia usaha.

SPM merupakan pertemuan awal tahun dengan tujuan utama untuk me-review kegiatan tahun sebelumnya (2018) dan menyusun perencanaan program kerja dan capaian selama tahun berjalan (2019). Pada pertemuan akan dibahas tindak lanjut dari Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) BIMP-EAGA tahun sebelumnya dan penyusunan deliverables tahun berjalan maupun beberapa tahun mendatang. Terkait dengan cluster, pada tahun 2019 ini Indonesia menjadi chair untuk 2 (dua) cluster yaitu Transport Cluster (Kementerian Perhubungan) dan ICTCluster (Kementerian Komunikasi dan Informatika).


Dalam rangka persiapan menghadiri rangkaian pertemuan tersebut, Rapat Koordinasi ini membahas persiapan baik dari sisi substansi maupun logistik. Dari sisi logistik, 11th BIMP-EAGA SPM & Related Meetings rencananya akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 12 sampai dengan 15 Februari 2019 bertempat di Hilton Hotel Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Pertemuan akan dilakukan dalam beberapa tingkatan pertemuan, dimulai dari tingkat national secretariats (NS), cluster dan working group (WG), sampai dengan tingkat pleno senior officials (SO). Semua Delegasi diminta untuk melakukan registrasi online dengan menggunakan link dari pihak penyelenggara sebelum tanggal 10 Februari 2019. Selain Hilton Hotel yang menjadi veneu pertemuan, pihak penyelenggara juga merekomendasikan beberapa hotel lain sebagai alternatif akomodasi, antara lain: Le Meridien Hotel, Klagan Hotel, Cititel Express, dan Promanade Hotel.

Dari sisi persiapan substansi agenda utama pembahasan adalah:
1. Tindak lanjut arahan Menteri dan SO pada Rangkaian PTM BIMP-EAGA 2018;
2. Review/update/revisi proyek dalam Rolling Pipeline (RP) periode 2017-2019;
3. Identifikasi proyek yang akan masuk dalam RP 2020-2022; dan
4. Capaian dan Rencana Implementasi 2019.